Master Chef Indonesia 2013 : 13 Juli inkonsisten

Banyak hal yang menunjukkan tidak konsistennya juri pada episode ini.

Tantangan pertama kontestan harus memasak pudding dan minuman untuk berbuka puasa. Tantangan ini merupakan invention test dalam waktu 70 menit. Penilaian berdasarkan atas kreativitas, inovasi, rasa dan presentase. Selain itu makanan dan minuman harus serasi, senada, harmonis dan cocok satu sama lain.

Hasilnya William yang dikritik karena  paling tidak serius, malah jadi pemenang di tantangan pertama dan berhak tidak ikut ditantangan berikutnya. Sedangkan Lius keluar sebagai pemenang untuk minuman yang dibuat para kontestan dan berhak mengatur pembagian masakan untuk para kontestan ditantangan berikutnya. Tapi ternyata advantage Lius tidak sepenuhnya menguntungkan. Karena ia harus memilih siapa-siapa yang satu kelompok dengan dia tanpa mengetahui harus memasak apa. Jadi sebetulnya ini bisa dibilang kalau bukan suatu advantage, tapi semacam gambling.

Tantangan berikutnya para kontestan harus memasak main course untuk berbuka puasa dari mancanegara dalam waktu 60 menit. Lius, Denty dan Angella harus memasak hidangan dari negara Turki. Brian, Melitta dan Kevin harus memasak hidangan dari negara Pakistan. Yogi, Tya dan Nino harus memasak hidangan dari negara Thailand.

Hasilnya Denty keluar sebagai pemenang. Sedangkan Kevin, Lius dan Yogi harus masuk ke pressure test.

Pressure test kali ini yang sekaligus juga merupakan the black team royal battle adalah membuat duplikasi dari hidangan chef Marinka berupa cake kurma dalam waktu 70 menit dan diikuti oleh Kevin, Lius dan Yogi serta ke 3 anggota black team yaitu Mimi, Rissa dan Gilang.

Hasilnya Rissa, Lius dan Yogi berhasil mempertahankan posisi mereka di top 10. Sedangkan Gilang, Kevin dan Mimi harus tereliminasi.

Untuk Kevin, chef Marinka yang sebelumnya sempat mengkritik kalau MCI ini bukan kontest top model sempat berkomentar kalau kehadiran Kevin memberikan warna tersendiri pada MCI kali ini. Hal yang sama juga dikatakan untuk Mimi yang juga sempat dikatakan kalau cablak tapi bicaranya jujur. Padahal di episode terdahulu ia sempat dikritik sebagai tong kosong yang nyaring bunyinya oleh chef Arnold.

Jadi kesimpulannya entah betul entah salah bisa ditarik begini. Top model dan tong kosong telah memberikan warna yang menarik di kontest MCI ini. Selain itu kontestan tidak perlu terlalu serius untuk menjadi pemenang disuatu tantangan.

About these ads

One thought on “Master Chef Indonesia 2013 : 13 Juli inkonsisten

  1. Mulai dari memasak hidangan khas Nusantara, hidangan internasional, hingga menciptakan kreasi menu masakan sendiri, menjadi tantangan bagi para kontestan MCI3 yang memiliki latar belakang berbeda-beda (nonkuliner).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s