Master Chef Indonesia 2012 : 28 Juli 2012 Chef Juna disensor RCTI

Tantangan pertama pada episode ini berupa one core ingredient dengan bahan ayam dan temanya hidangan nusantara. Waktu yang diberikan 60 menit.

Para peserta membuat bermacam-macam masakan diantaranya :

  • Adel : pepes ayam
  • Agus : rendang ayam bumbu Jawa
  • Bagus : ayam bumbu rujak
  • Beng : ayam bakar kuning
  • Desi :ayam taliwang
  • Dian : opor ayam
  • Esakh : opor ayam sambal bawang
  • Joice : ayam woku
  • Ken : opor ayam
  • Lutfi : ayam bakar Padang
  • Opik : ayam bakar
  • Vera : ayam bakar bumbu penyet
  • Widya : opor ayam
  • Yudi : ayam betutu
  • Zeze : semur ayam

2 terbaik dari tantangan ini adalah Bagus dan Joice. Dan pemenangnya adalah Bagus. Pada waktu Bagus maju ke depan untuk presentase, dia sempat disindir oleh chef Juna soal tangannya yang sedekap. Kata chef Juna, gayanya sombong niru-niru chef Juna yang juga  sombong.

Sedangkan yang masuk pressure test adalah Adel, Agus, Beng, Esakh, Ken, Kevin, Lutfi, Nurul, Yudi.

Kemudian Bagus sebagai pemenang pada tantangan ini mendapat kehormatan untuk bertanding dengan seorang profesional chef untuk memperebutkan immunity pin. Immunity pin adalah kekebalan untuk 4 kali pressure test.

Profesional chef itu adalah Chef Henry Alexi Bloem, presiden dari Indonesian Chef Association. Tampang dan perawakannya macho banget. Rambut dikuncir, kumisan dan berewokan, badan besar dan kekar serta bertattoo. Masuk ke galeri master chef dengan naik motor besar pula. Kalau chef Juna sering sedekap, maka chef Henry gayanya berkacak pinggang. Kalau dihitung-hitung, chef Juna masih kalah machonya. Tapi dari omongannya, dia malah gentle. Tidak arogan dan sombong.

Tantangan pro chef kali ini adalah membuat replika dari masakan chef Henry yaitu lulur sapi sambal bawang dengan urap kelapa, urap sayuran dan nasi bakar ubi ungu. Bagus mendapat waktu memasak 75 menit dengan melihat resep, sedangkan chef Henry mendapat waktu memasak 60 menit tanpa melihat resep. Ada bumbu yang unik pada tantangan ini yaitu bumbu menyan yang biasa dipakai untuk sembahyang.

Setelah selesai, penilaian dilakukan oleh chef Degan dan chef Marinka. Bagus mendapat nilai 7 dari chef Degan dan 8 dari chef Marinka. Sedangkan chef Henry mendapat nilai 9 dari chef Degan dan 9 juga dari chef Marinka. Dengan demikian Bagus kalah dan tidak mendapatkan immunity pin.

Pressure test kali ini adalah membuat duplikat dari masakan kesukaan chef Henry yaitu nasi liwet ikan teri sambal hijau cibiuk sambal goreng hati kentang dengan pepes ikan dan jamur. Waktunya adalah 60 menit.

Setelah dinilai, maka 4 yang terbawah untuk pressure test kali ini adalah Adel, Beng, Esakh dan Kevin. Setelah memberi sinyal aman kepada Adel dan Beng, maka chef Juna menegur dan mencaci maki Esakh habis-habisan mengenai sikapnya. Beberapa kata-katanya sampai disensor oleh RCTI. Dan setelah akhirnya Esakh disuruh melepas apron masaknya tapi batal, maka Kevin yang dinyatakan gugur.

Gaya chef Juna untuk mengaduk-aduk emosi penonton dan membingungkan pikiran penonton yang mencoba-coba menebak siapa yang bakal pulang boleh juga. Cuma sebetulnya gaya itu masih bisa ditebak juga, soalnya peserta yang masih belum aman ada 2 orang yaitu Esakh dan Kevin. Sedangkan Kevin sendiri belum diapa-apakan dan tidak dinyatakan aman.Juga gaya chef Juna yang menyuruh peserta dalam pressure test yang dinyatakan tidak aman untuk melepas apron sebelumnya juga pernah dilakukan. Yaitu waktu Opik masuk ke pressure test di edisi sebelumnya. Jadi ada saran bagaimana kalau mencari gaya yang lain lagi yang belum pernah dilakukan di episode sebelumnya. Dijamin bakal lebih seru dan deg-degan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s