Pilih jualan apa buka-bukaan ?

Dua juri di master chef Indonesia season 2 sekarang ini sejauh yang saya lihat sudah punya cirinya masing-masing. Yang pertama tentu saja chef Juna Rorimpandey dengan sikapnya yang arogan, sombong dan kejam. Dan yang kedua adalah juri baru, chef Degan.

Chef Juna ciri-ciri umumnya seperti yang kita ketahui bersama adalah arogan, sombong dan kejam. Tapi disamping itu ia juga punya ciri khusus. Tahukah anda ?

Ia suka main buka-bukaan. Apa yang dibuka ? Apron peserta yang masuk ke pressure test dan masuk ke posisi terbawah atau tidak aman. Sudah 2 kali ia melakukan ini. Pertama adalah sewaktu Opik masuk pressure test setelah dianggap gagal meminpin tim merah menyediakan hidangan makan siang bagi taruna di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Kedua adalah sewaktu Esakh masuk ke pressure test. Tapi 2 kali pula peserta yang apronnya diminta oleh chef Juna justru selamat dan tidak gugur. Walaupun tali apron yang dibelakang sempat dibuka oleh peserta. Bahkan Opik sempat membuka tali kalung apronnya. Kalau dipikir ini boleh dibilang semacam gertak sambal saja atau shock therapy bagi peserta.

Sedangkan chef Degan sebagai juri baru ia juga sudah punya ciri-cirinya sendiri. Tahukah anda ?

Ia suka bilang, ” ini bisa dijual di restoran saya ” kepada peserta yang hidangannya dinilai berhasil pada waktu presentase. Sudah beberapa kali ia mengatakan kalimat itu. Kepada Desi waktu tantangan membuat gado-gado dan waktu tantangan dengan bahan utama kijing. Kepada Widya waktu tantangan dengan bahan utama lamb chop. Disamping itu ia juga sering bilang pemborosan kepada peserta yang membuat carving food atau mengambil bahan dari pantry,  tapi tidak jadi dipakai. Kata-katanya secara tidak sengaja seperti mencerminkan sifat seorang pengusaha.

Juri terakhir, chef Marinka menurut saya justru kurang punya kekhasan tersendiri. Ia lebih bisa dikatakan sebagai pemanis dan pelengkap diantara 2 juri laki-laki. Walaupun tentu saja, peran dan keahliannya tentu tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata. Mungkin diantara anda para pengunjung blog saya ada yang tahu ciri-ciri khas chef Marinka ? Silahkan tinggalkan di komentar anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s