Master Chef Indonesia 2012 : 4 Agustus 2012 si security malah tidak secure

Pada episode ini, master chef Indonesia kedatangan bintang tamu Daniel Manantha pada tantangan pop star challenge. Hidangan yang dibuat adalah hidangan kesukaan dari Daniel Manantha yaitu salmon teriyaki dengan sayuran tempura dan nasi putih serta saos teriyaki. Saus teriyaki harus dibuat sendiri oleh para peserta. Waktunya adalah 70 menit dengan melihat resep. Presentase bebas.

Hidangan yang dicicipi oleh juri dan bintang tamu adalah hidangan dari :

  • Hani : presentasenya dinilai hancur
  • Desi : nasinya terlalu sedikit dan saosnya kurang gelap dan kurang berasa teriyaki
  • Opik : presentase kurang dan salmonnya overcook
  • Lutfi : salmonnya disukai oleh Daniel Manantha, presentase rapih dan mendapat pujian dari chef Marinka
  • Zeze : saosnya keenceran dan hidangannya oleh Daniel Manantha lebih tepat disebut sebagai salmon saos kecap asin
  • Yudi : saosnya kurang pekat dan lebih mirip onion sauce
  • Esach : dinilai mendekati sempurna untuk tempura dan nasinya
  • Bagus : presentasenya dinilai jelek dan ada kesalahan fatal yaitu saosnya disiram ke salmon sehingga salmon menjadi tidak crunchy

2 yang terbaik yaitu Esach dan Lutfi mendapat kesempatan untuk menelpon orang terdekatnya selama 15 menit. Sedangkan terbaik pertama yaitu Esach mendapat tambahan waktu 5 menit untuk tantangan selanjutnya.

Tantangan kedua adalah membuat masakan Italia classic chicken cacciatore dengan waktu 50 menit dan dengan melihat resep. Kesulitan tantangan ini adalah tingkat kematangan dari ayam dan pastanya.

Setelah selesai ternyata yang menilai bukan juri reguler seperti biasanya yaitu chef Degan, Juna dan Marinka. Tapi chef tamu orang Italia asli yaitu chef Luca Castelazzi, Julio Lombardini dan Paolo Orlandini. Masakan yang dipertandingkan ternyata adalah masakan favorit dari team sepakbola Inter Milan yang pada waktu pengambilan gambar ini sedang berkunjung ke Jakarta.

Hidangan yang dicicipi adalah hidangan dari :

  • Dian : diberi komentar enak tapi agak pedas
  • Esach : rasanya tidak menyatu
  • Lutfi : secara keseluruhan enak
  • Vera : mendapat tanggapan bagus
  • Yudi : saosnya hambar dan tidak ada rasanya
  • Desi : mendapat tanggapan bagus
  • Joice : rasanya lemah
  • Nurul : dikomentari tidak terlalu berasa

Pada kesempatan ini Nurul yang sedang hamil ngidam perutnya pingin dielus oleh chef Julio dan akhirnya kesampaian juga.

Dari 8 peserta yang hidangannya dicicipi, 3 peserta harus masuk ke pressure test yaitu Esach, Joice dan Yudi. Sedangkan pemenang pada tantangan ini yaitu Desi mendapat kaos Inter Milan yang sudah ditandatangani oleh para pemain Inter Milan. Selain itu 5 peserta yang hidangannya dinilai berhasil yaitu Desi, Dian, Lutfi, Nurul dan Vera mendapat hadiah makan malam di restoran Moya. Chef restoran yang bergaya Spanyol ini adalah Dada Hardikusumo.

Pressure test kali ini adalah membuat masakan Italia yaitu safron risotto dalam waktu 30 menit dengan melihat resep. Risotto adalah merupakan bentuk antara bubur dan nasi. Risotto harus sticky dan tidak boleh pecah. Safron yang adalah merupakan bumbu rempah yang mahal merupakan pucuk dari bunga lotus.

Setelah dinilai, maka juri menyatakan kalau Joice aman. Tapi sebelumnya chef Juna sempat bertanya kepada Joice apakah ia masih ingin bertahan di master chef Indonesia. Setelah diiyakan, maka chef Juna kembali bertanya kenapa. Dan si ibu pun menjawab dengan berani kalau ia ingin melihat chef Juna memotong rambutnya dengan gaya mohawk. Karena kata si ibu, chef Juna pernah bilang kalau mau potong rambut dengan model mohawk jika si ibu bisa masuk 10 besar. Ayo bu tinggal 5 langkah lagi.

Maka yang tidak aman tinggal Esach dan Yudi. Esach tidak aman, karena risottonya kurang matang sedang Yudi karena kebanyakan minyak dan masih terlalu mentah.

Dan setelah memberi kesempatan kepada Joice untuk memilih siapa yang dipulangkan dan juga kepada Esach untuk memilih dirinya sendiri atau Yudi. Akhirnya Yudi diberi pilihan untuk memilih siapa yang harus dipulangkan. Ternyata Yudi berjiwa besar dan menyatakan dirinya yang akan pulang.

Entah karena memang pilihan Yudi sendiri, maka akhirnya ia yang pulang. Atau karena memang pilihan para juri juga sama yaitu Yudi. Di akhir acara sempat ada tulisan kalau Yudi akhirnya mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya sebagai staf security dan sekarang menjadi chef di sebuah restoran di BSD.

One thought on “Master Chef Indonesia 2012 : 4 Agustus 2012 si security malah tidak secure

  1. Apakah benar Ibu Chef Hardikusumo ini lesbian? Karena saya dan istri saya sempat melihat di Club bilangan Sudirman beberapa waktu lalu sedang bermesraan ketika ada acara kantor saya. Satu hal lagi, apakah ada yang tau contact person Chef Juna atau Chef Marinka untuk acara show di Ujung Pandang – Medan – Bali akhir desember ini?
    Terimakasih Priajelita wordpress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s