Master Chef Indonesia 2012 : 5 Agustus 2012 happy ending

Tantangan pertama pada episode ini adalah membuat signature dish dari chef Degan yaitu modern Thai beef salad dalam waktu 40 menit. Yang mendapat kesempatan untuk presentase adalah Dian, Ken, Esach, Desi, Opik dan Widya. Dan yang memenangkan tantangan ini adalah Dian walaupun waktu presentase mendapat komentar beefnya kurang matang sedikit dan potongannya kurang tipis.

Tantangan kedua adalah one core ingredient ikan gabus. Ikan air tawar dengan kesulitan menghilangkan bau amis dan bau tanah. Para peserta harus menangkap ikannya sendiri dari akuarium dan membunuhnya sendiri. Kecuali untuk Dian, pemenang pada tantangan sebelumnya yang sudah mendapatkan ikan gabus dalam keadaan bersih dan tidak perlu dipotong. Pengecualian lainnya adalah Nurul yang sedang hamil. Karena kepercayaan orang hamil tidak boleh membunuh ikan, maka dibantu oleh volunteer dalam hal ini adalah Ken.

10 peserta mendapat kesempatan untuk presentase. Mereka adalah :

  1. Beng : pempek selam gabus. Mendapat komentar rasanya ok dari chef Marinka sedangkan chef Juna mengatakan kalau idenya bagus, tapi eksekusinya gagal
  2. Hani : acar kuning ikan gabus dan nasi hijau
  3. Widya : steam fish gabus, dinilai kurang
  4. Agus : ikan gabus masak sambal pedas dengan nasi tortilla. Uniknya karena dinilai gagal, maka chef Marinka mengumumkan kalau peserta dilarang menggunakan tortilla lagi
  5. Ken : sop ikan gabus pedas dengan bihun. Mendapat komentar, bihunnya kebanyakan sehingga menyerap kuahnya.
  6. Zeze : gabus tortilla. Oleh chef Degan dinilai membuat kesalahan fatal, karena memasukkan keju ke dalam hidangan.
  7. Dian : nasi kuning haruan bumbu habang.
  8. Vera : sate ikan gabus saos asam kuning, masakannya keasinan.
  9. Desi : gabus lempah nanas. Merupakan masakan khas dari Bangka. Mendapat tanggapan positif dari juri. Chef Marinka mengatakan kalau ini adalah masakan gabus lempah nanas yang paling enak dari yang pernah dicicipi.
  10. Joice : pepes ikan saos tuturuga. Mendapat tanggapan positif dari juri. Saosnya dikatakan perfect.

Yang menjadi pemenang adalah Joice. Sedangkan yang masuk pressure test adalah Zeze, Agus, Beng, Vera dan Widya.

Pressure test kali ini membuat hidangan Perancis roasted lamb rack with ratatouille potato lyonnaise and rosemary zoe dalam waktu 60 menit. Hidangan ini terdiri dari 4 komponen yaitu lamb, kentang, ratatouille dan saos.

Setelah selesai dan dicicipi ternyata kelima peserta dinilai gagal dalam menduplikasi masakan. Kemudian pada saat penentuan siapa yang akan pulang, Zeze dan Widya terlebih dahulu dinyatakan aman.

Pada episode ini juri mengumumkan 2 larangan, pertama larangan menggunakan tortilla setelah hidangan Agus yang menggunakan tortilla gagal dan yang kedua adalah larangan menggunakan api dengan maksimal kecuali untuk memasak air. Larangan ini adalah sebagai tindak lanjut karena Zeze yang selalu overcook atau gosong dalam memasak.

Gaya penentuan eliminasi pada episode ini mengulang pada episode sebelumnya yaitu peserta yang sudah aman,  Zeze dan Widya harus memilih satu diantara 3 temannya yang tidak aman untuk dipulangkan. Jika tidak bisa menentukan, maka juri mengancam kalau yang bersangkutan yang tidak bisa menentukan mana yang akan pulang akan dipulangkan. Dan sempat memilih dengan acak kalau Agus yang akan menggantikan Zeze, jika Zeze tidak bisa menentukan siapa yang akan pulang.
Akhirnya setelah keadaan memuncak dimana Zeze dan Agus saling berseberangan, demikian juga dengan Widya dan Vera. Maka kemudian juri mengumumkan kalau yang akan pulang pada episode ini bukan 1 atau 2, tapi…
Potongan adegan ini sempat ditayangkan pada episode sebelumnya dan sebetulnya bisa ditebak juga kalau hasilnya tidak akan ada yang dipulangkan. Soalnya kalau memulangkan 5 peserta sekaligus nanti acara kompetisi Master Chef Indonesia bakal berlangsung terlalu singkat dan cepat selesainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s