Teknik dan improvisasi

Improvisasi artinya kurang lebih membuat sesuatu berdasarkan bahan yang ada. Atau mengerjakan sesuatu tanpa persiapan terlebih dahulu atau mengerjakan sesuatu dengan menyesuaikan dengan keadaan dan keterbatasan yang ada.

Sedangkan teknik artinya kurang lebih pengetahuan atau kepandaian dalam membuat sesuatu. Atau cara ( kepandaian )  membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni. Atau metode ( system ) dalam mengerjakan sesuatu.

Kata improvisasi  akrab terdengar dalam musik jazz. Seorang penyanyi atau musikus jazz dalam membawakan sebuah lagu suatu saat bisa jadi berbeda dengan saat lain waktu ia membawakan lagu yang sama tersebut. Inilah yang disebut dengan improvisasi. Improvisasi sendiri erat kaitannya dengan mood si penyanyi atau musikus tersebut.

Sedangkan teknik dimana-mana dan disaat yang berbeda selalu tetap sama. Seperti teknik meniup seruling atau memetik dawai gitar  supaya tidak terdengar sumbang.

Terus apa hubungannya kedua istilah tersebut dengan kompetisi Master Chef Indonesia ? Ternyata ada seorang kontestan yang hobbynya improvisasi seperti yang dikatakan oleh chef Marinka. Ia adalah Zeze. Dikatakan kalau disetiap tantangan ketika waktu sudah mulai berjalan. ia masih tidak tahu atau tidak pasti dengan apa yang akan dibuat. Dan berimprovisasi atau berubah rencana ketika waktu sudah berjalan. Jadi selalu ada plan A dan plan B. Sebetulnya bagus juga siasatnya, cuma  jadi bisa tidak konsentrasi. Apalagi waktu yang diberikan dalam setiap tantangan biasanya terbatas dan mepet.

Teknik memasak Zeze sendiri sebagai seorang kontestan mempunyai beberapa kelemahan. Pertama, selalu overcook hingga gosong. Kedua, tangannya sempat teriris pisau cukup dalam hingga  chef Degan harus membantu memberi perban pada tangannya yang luka. Ternyata kalau dirumah ia tidak pernah mengiris-iris bahan masakan, karena tangannya tidak firm.

Tapi pada episode terakhir juri pernah mengatakan kalau selalu ada peningkatan dalam teknik memasaknya. Walaupun waktu pressure test pan seared flat fish with butter toss boiled potatoes and fennel cream sauce dengan bahan ikan flat fish, ia keliru teknik memasak flat fish nya. Bukannya di seared, tapi jadinya deep fried. Karena minyak yang dipakai untuk menggoreng ikannya kebanyakan dan ikannya menjadi kecoklatan. Tapi belum sampai gosong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s