Master Chef Indonesia 2012 : 1 September 2012 maknyus

Pada episode ini kembali master chef Indonesia kedatangan seorang tamu. Seorang pengamat kuliner, wartawan dan sekaligus kritikus masakan. Dia sering muncul di acara kuliner di televisi. Komentar khasnya adalah “maknyus”. Sudah tentu anda tidak salah terka, dia adalah Bondan Winarno. Dia memberikan tantangan pertama pada episode ini yaitu masakan kesukaannya yang merupakan masakan peranakan China nasi goreng ikan jambal dengan udang pedas dan sup tahu sawi asin dalam waktu 60 menit.

Setelah selesai, maka masakan tidak hanya dicicipi oleh para juri, Tapi juga oleh bintang tamu, komentar mereka :

  1. Hani : dari segi rasa sudah bagus, tapi penampilan tidak bagus
  2. Lutfi : supnya seperti air cucian tahu dan tidak ada rasanya
  3. Ken : rasa kurang nendang dan bumbunya kurang berani
  4. Zeze : penampilan kurang, tapi supnya not bad alias enak
  5. Joice : udangnya enak, asam, manis dan pedas. Nasi gorengnya warnanya bagus dan juga ikannya. Dari segi rasa paling enak mendekati maknyus. Tapi sayang membuat kesalahan fatal dengan memberi santan pada supnya, sehingga melanggar aturan
  6. Beng : nasi goreng dan supnya enak
  7. Nurul : tidak bisa menyelesaikan tantangan ini, karena tidak sempat meletakkan udang pada waktu plating. Dan ikannya masih amis
  8. Desi : kematangan udangnya bagus, tapi bumbunya tidak masuk, supnya bagus, porsi nasi gorengnya kebanyakan
  9. Vera : penampilan paling bagus, nasi dan telurnya asin. Over powering

Masakan yang paling menonjol pada tantangan ini adalah Beng dan Desi. Udang Beng mendapat komentar maknyus dari Bondan Winarno dan sekaligus menjadi pemenang pada tantangan ini.

Sedangkan yang melenceng pada tantangan ini adalah Joice dan Nurul. Yang terburuk adalah Nurul.

Sesi berikutnya adalah makan malam bersama para kontestan dan para juri di sebuah hotel Bidakara di restauran Mawar.

Tanpa diketahui oleh para kontestan, ternyata semua hidangan yang mereka makan adalah buatan dari black team. Yaitu 5 kontestan master chef Indonesia yang sudah tersingkir. Mereka itu adalah Agus, Bagus, Dian, Esakh dan Opik.

Mulai episode ini mereka akan membayangi setiap gerak-gerik para kontestan dan mencari kesempatan pada saat kontestan lengah untuk kemudian menyusup masuk kembali ke kompetisi dengan menyingkirkan kontestan melalui duel black team.

Dan duel black team pertama adalah antara Nurul yang mendapat nilai terendah pada tantangan sebelumnya dengan salah seorang anggota black team. Nurul memilih lawan tandingnya dengan cara diundi. Ternyata yang terpilih adalah Dian. Tantangannya adalah membuat duplikasi masakan peranakan Belanda Jawa selat Solo dalam waktu 45 menit. Kontestan diberi kebebasan dalam presentase, tapi citarasa harus sama atau mendekati contohnya.

Setelah selesai, hidanganpun dicicipi oleh juri. Untuk hidangan Nurul, telurnya overcook, sausnya smooth tapi terlalu manis, potongan sayurnya rapih, tingkat kematangannya cukup sempurna  tapi presentasenya kurang.

Sedangkan hidangan Dian sayurnya terlalu sedikit, saosnya terlalu kental, potongan wortel dan kentangnya rapi, warna bagus, secara keseluruhan kurang matang tapi presentasenya bagus.

Dan pemenangnya adalah Nurul. Dengan demikian Dian kehilangan kesempatan untuk kembali menjadi kontestan di kompetisi ini.

2 thoughts on “Master Chef Indonesia 2012 : 1 September 2012 maknyus

  1. Pingback: Wisata kuliner « priajelita

  2. Pingback: Menelusuri Pertukaran Kuliner Sepanjang Bulan | makanenak.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s