Master Chef Indonesia 2012 : 22 September 2012 Veni, vidi, vici Vera

Tantangan pertama pada episode ini adalah menebak ingredient dari suatu masakan yaitu seafood Mexican soup. Tantangan ini mengandalkan insting, indera pengecap dan penciuman. Kontestan diminta dalam waktu 3 menit untuk mencicipi dan kemudian menebak  ke 23 ingredient yang digunakan dalam masakan tersebut. 2 ingredient sudah disebutkan terlebih dahulu oleh juri sebagai bonus yaitu cumi dan tomat.

Hasilnya adalah :

  1. Ken dapat menebak 13 bahan
  2. Bagus dapat menebak 9 bahan
  3. Joice dapat menebak 6 bahan
  4. Opik dapat menebak 10 bahan
  5. Nurul dapat menebak 7 bahan
  6. Desi dapat menebak 14 bahan

Sehingga pemenangnya adalah Desi dan tidak perlu mengikuti tantangan selanjutnya.

Tantangan selanjutnya adalah invention test dengan bahan-bahan hasil tebakan para kontestan masing-masing. Semua bahan yang berhasil ditebak harus digunakan oleh kontestan masing-masing.  Selain itu masih diberi bahan-bahan dasar di pantry. Waktu yang diberikan adalah 60 menit.

Hasilnya :

  1. Joice : nasi seafood campur pasta. Penampilan meriah, tapi rasanya semua sama. Dan dengan bahan yang minimal mampu menciptakan hidangan yang cukup banyak jumlahnya.
  2. Nurul : stuffing squid. Cumi seperti karet, nasi belum matang, saos seperti jamu, tapi penampilan cantik dan rapi.
  3. Bagus : cumi blackpepper dengan paprika. Dari segi warna bagus. Brocoli, paprika dan tomat tidak ada rasanya. Cumi tingkat kematangannya bagus.
  4. Opik : cumi isi paprika dengan udang. Thymenya salah, udang nyaris tidak matang, cumi overcook, garlicnya terlalu kuat, tapi penampilannya bagus dan rapi,
  5. Ken : seafood combo with tomato and apple pure. Ikan kakapnya tidak matang.

3 terburuk adalah Nurul, Bagus dan Ken. Yang paling buruk adalah Nurul harus berduel dengan anggota black team di tantangan berikutnya.

Black team duel setelah diundi mempertemukan Nurul dengan Vera. Ada 2 pilihan menu yang bisa dipilih yaitu :

  1. Grilled calamari, prawn filling angel hair pasta, pesto and red capsium coulis
  2. Ikan bandeng isi paprika saus kacang dan sambal matah

Yang mendapat kehormatan untuk memilih menu tersebut adalah Desi, pemenang pada tantangan pertama. Dan Desi memilih menu bandeng. Kontestan diminta untuk menduplikasi hidangan. Waktu yang disediakan adalah 60 menit.

Hidangan Nurul mendapat komentar bentuknya tidak sama dengan contoh. Bumbu kacangnya lebih halus tapi enak. Bandeng lebih dominan rasa telurnya, tapi tingkat kematangannya bagus. Sambal matahnya kurang banyak.

Hidangan Vera mendapat komentar potongan dalam ikan bagus, luarnya kurang renyah,  saosnya kurang garam, teksturnya sesuai, sambal matah kurang berasa, tapi penampilannya bagus.

Dan pemenangnya adalah Vera. Dengan demikian Vera berhasil masuk kembali menjadi kontestan dan Nurul batal mendapat gelar “the black team slayer” dari chef Juna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s