Master Chef Indonesia 2012 : 30 September 2012 bu yung hai barongsay

Barongsay ! Itulah yang keluar di hadapan para kontestan ketika pertama kali masuk ke gallery pada episode ini. Para kontestan pun bingung dan mulai menebak-nebak mau masak apa hari ini. Kalau lihat kejadian ini jadi ingat puluhan tahun lalu ketika lawak Surya group masih jaya-jayanya di Indonesia. Suatu ketika mereka melawak soal masakan Chinese food, ceritanya salah seorang diantara anggota Surya group berpura-pura jadi orang kaya dan berlagak biasa makan Chinese food. Omongannya antara lain begini  “cap jay, bu yung hai, barongsay …”. Entah kenapa begitu berlagak jadi orang kaya yang dilirik makanan Chinese bukan masakan western. Mungkin salah satu faktornya adalah China adalah salah satu pusat kuliner Asia sehingga layak jadi tema di salah satu episode Master Chef Indonesia seperti yang sekarang ini.

Ternyata setelah barong say selesai, baru keluar seorang chef yang sudah sangat senior. Dia adalah chef Kenny Chan. Dan tantangan kali ini adalah membuat duplikasi signature dish dari beliau yaitu pan fried sesame beef dumplings dalam waktu 60 menit.

Seperti biasanya para kontestan dipersilahkan mencicipi makanan yang akan mereka buat. Pada tantangan ini siapa yang waktu makan dumpling didalamnya terdapat koin akan mendapat bonus waktu 5 menit dan yang mendapatkannya adalah Desi.

Penilaian yang dibantu oleh chef Kenny Chan menghasilkan komentar sebagai berikut :

  1. Vera : kulitnya gosong tapi paling tipis, saos dan isinya terlalu asin
  2. Bagus : fillingnya sedikit dan agak kering, bentuk lebih seperti pempek dan kulit sedikit terlalu tebal
  3. Ken : penyajian kurang rapi, filling bagus, kulit agak tebal
  4. Desi : filling dan tekstur enak, kulit agak tebal
  5. Opik : warna bagus, kulit cukup tipis, dumpling sekilas seperti dimsum

Tapi berbeda dari episode-episode sebelumnya, pemenang pada tantangan ini tidak langsung diumumkan pada akhir dari tantangan yang bersangkutan. Melainkan esok harinya. Jadilah para kontestan pulang sambil penasaran. Coba kalau diumumkannya 3 hari 3 malam lagi, bisa buat promosi iklan salah satu operator seluler yang sudah terkenal itu.

Barulah pada esok harinya pemenang tantangan yang sebelumnya diumumkan. Dia adalah Opik. Tempat diumumkannya pun tidak tanggung-tanggung yaitu di bandar udara Halim Perdanakusumah. Emang mau melancong ke mana ? Ternyata mau studi banding ke Hongkong. Jadi yang studi banding bukan cuma anggota DPR saja. Cuma Bagus harus pulang dan tidak ikut ke Hongkong, karena kalah pada tantangan sebelumnya.

Tantangan selanjutnya di Hongkong adalah mengupas udang dengan sempurna dalam waktu 10 menit. Opik sebagai pemenang pada tantangan sebelumnya tidak perlu mengikuti tantangan ini.

Hasilnya Vera mengupas 19 ekor, Desi mengupas 29 dan Ken mengupas 34 ekor. Jadi yang menang adalah Ken.

Ken kemudian melawan Opik pada tantangan berikutnya yaitu membuka oyster dalam waktu 10 menit. Hasilnya Opik berhasil membuka 7 oyster, sedangkan Ken berhasil membuka 9 oyster. Cuma sayang 3 diantaranya dinyatakan tidak dibuka dengan benar, sehingga yang dihitung adalah 6 oyster. Dengan demikian pemenangnya adalah Opik.

Akhir episode ini pun menggantung tidak seperti episode-episode sebelumnya. Dikatakan kalau tantangan berikutnya adalah pro chef challenge. Dan dari video clip diakhir episode ini terlihat  ke 4 kontestan berbelanja bahan makanan untuk dimasak. Entah apa yang dimaksud dengan pro chef challenge. Kita tunggu saja minggu depan. Jadi tidak cuma 3 hari 3 malam, tapi 6 hari 6 malam. Ada nggak ya operator seluler yang bisa ngasih bonus internetan 6 hari 6 malam buat  nunggu kelanjutan dari master chef Indonesia ? Kalau ini sih namanya tantangan buat operator selluler khususnya yang di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s