sepatu lah

Waktu kecil dulu saya sering mendengar omongan seperti ini tentang proses pembuatan getuk lindri. Gethuk kuwi nggawéné enggo katok. Bahasa Indonesianya, getuk itu  membuatnya pakai celana. Ternyata itu hanya lelucon saja. Tentu saja yang membuat pakai celana. Masa tidak pakai celana, itu kan namanya porno ! Getuk adalah suatu makanan tradisional dari Jawa yang terbuat dari singkong. Lalu masih ditambah lagi begini. Nggawéné enggo keringet. Membuatnya juga  pakai keringat. Ya iya lah masak tidak keringatan. Asal keringatnya tidak ikut masuk ke dalam adonan ( paling tidak menetesnya jangan sampai berlebihan ).

Terus ada cerita lain tentang proses pembuatan tempe dimana dibuat dengan  di injak-injak dengan kaki. Kalau yang ini kelihatannya memang betul-betul begitu prosesnya. Tapi itu kan masih mentah. Sebelum kita makan, biasanya kita masak dulu sampai matang. Proses ini jadi mengingatkan kita akan  proses pembuatan anggur dimana buah anggur juga diinjak-injak dengan kaki untuk mengeluarkan airnya.

Tapi tahukah anda ada beberapa proses didalam memasak yang menggunakan dan memerlukan alas kaki  untuk alatnya ? Sepatu lah nama  dari alat yang dimaksud. Ejaan yang benarnya spatula.

Spatula juga dikenal dengan nama sodet atau sodetan. Fungsi alat ini bermacam-macam diantaranya adalah untuk mengangkat atau membalik makanan pada penggorengan, mengaduk adonan atau untuk meletakkan dan meratakan topping pada cake. Bentuknya seperti sendok besar dengan permukaan mendatar.  Jadi bukan sepatu yang kita pakai di kaki.

6 thoughts on “sepatu lah

  1. Pingback: Tempe Sepanjang 1.640 Meter Siap Masuk Rekor Muri | ambangbatas

  2. Pingback: Rekor MURI untuk Kereta Bayi Terbanyak | ambangbatas

  3. Pingback: Lupromax Patahkan Rekor MURI dan Dunia Delapan Jam Berjalan Tanpa … | ambangbatas

  4. Pingback: Catur Super Besar Pecahkan Rekor Muri | ambangbatas

  5. Pingback: Konvoi Ertiga Siap Pecahkan Rekor MURI | ambangbatas

  6. Pingback: Lelah Ariel dan Noah Terbayar Piagam Penghargaan MURI | ambangbatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s