Molecular gastronomy

Adalah merupakan suatu aliran dalam memasak yang memanfaatkan aspek-aspek fisika dan kimia. Wikipedia mendefinisikannya sebagai  suatu studi ilmiah mengenai gastronomi atau lebih lengkapnya adalah cabang ilmu yang mempelajari transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak dan fenomena sensori saat mereka dikonsumsi.

Kemarin di acara Hitam Putih Trans7 ditampilkan seorang chef dari aliran ini. Dia adalah chef Andrian Ishak dan sempat mendemonstrasikan sebuah hidangan dengan menggunakan nitrogen sebagai media pengganti  minyak. Waktu itu ia membuat jamu, menurut istilah dia. Hasilnya adalah sebuah bulatan kecil mirip telur puyuh yang berwarna putih dan bersuhu dingin. Prosesnya adalah cairan yang dibekukan. Ada juga kreasi lainnya yang ditampilkan di acara itu yang bentuknya persis pot tanaman lengkap dengan tanaman yang berdaun dengan tanahnya. Ternyata itu adalah asinan oncom. Kemudian ada lagi es teh panas yang pada prinsipnya adalah 2 jelly cair yang berbeda suhu. 1  panas dan 1 dingin yang diletakkan bersebelahan di dalam cangkir. Ternyata tidak bisa menyatu dan bila diminum masih terasa panas dan dingin. Apa enak minum teh seperti itu ? Jadi kayak orang meriang panas dingin.

Sepintas aliran molecular gastronomy ini seperti eksperimen dalam laboratorium. Dan orang mungkin akan ragu untuk memakan dan meminum hidangan seperti ini. Karena mungkin akan timbul keraguan, amankah memasak dengan nitrogen cair ? Bagaimana efeknya jika masuk ke tubuh ? Tapi issue seperti itu sempat dibantah oleh chef Andrian dengan mengatakan aman. Karena nitrogen cair tidak ikut kita makan, melainkan hanya sebatas sebagai media untuk memasak. Walaupun hidangan dalam keadaan matangnya tidak panas, tapi dingin membeku. Cuma dibutuhkan perangkat dapur yang khusus, supaya meja yang dipakai tidak rusak seperti yang ditampilkan di acara tersebut.

Bukan itu saja, ternyata tidak tanggung-tanggung chef Andrian juga punya restoran sendiri yang tentu saja bergaya molecular gastronomy. Dan hanya melayani lewat pemesanan on line di internet. Nama restorannya adalah “Namaaz dining”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s