Panic kitchen

Ini adalah acara baru di Transtv yang isinya tentu saja tentang kompetisi memasak sesuai dengan nama acaranya. Ditayangkan mulai tanggal 17 Desember 2012 tiap hari Senin dan Selasa jam 18.00 sampai jam 19.00

Pembawa acaranya adalah Erwin Parengkuan dan Indy Barends. Sedangkan bertindak sebagai juri adalah Edwin Lau.

Tema besar acara ini adalah kompetisi memasak dengan hadiah uang tunai sebesar Rp. 10 juta. Tiap episode menampilkan 2 regu, tiap regu terdiri dari 4 orang.  Uniknya peserta akan memasak secara estafet.  Uniknya lagi tiap anggota tidak boleh memberitahu akan memasak apa kepada anggota yang lain. Jadi tanpa komunikasi. Petunjuk yang ada hanya bahan utama yang ditentukan di awal acara dan anggota yang akan menggantikan anggota terdahulu yang sudah selesai waktunya hanya bisa melihat selama beberapa menit sebelum mulai memasak untuk menggantikan anggota yang terdahulu. Presentase penilaiannya adalah 50 % untuk rasa, 30 % untuk penampilan dan 20 % untuk kecepatan dan kebersihan.

Episode pertama menampilkan bahan utama ikan gurami. Tim pertama pada awalnya berencana membuat gurami bumbu kuning, tapi akhirnya menjadi gurami pesmol. Kalau ini mungkin sekedar beda nama, tapi artinya tetap sama. Tapi tim  kedua yang pada awalnya berencana membuat gurami goreng sambel matah, di tengah jalan bisa berubah menjadi gurami goreng sambel kecap. Cuma untungnya akhirnya bisa kembali lagi menjadi gurami goreng sambel matah.

Soal pengolahan bahan utamanya yaitu ikan gurami, kedua tim sama-sama overcooknya hingga teksturnya sudah tidak kelihatan lagi dan terlalu kering. Demikian juga dengan seasoningnya. Maklum, pesertanya bukan chef atau juru masak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s