Resep rahasia

Acara ini sekarang ditayangkan di Kompastv tiap hari Selasa jam 19.30. Dulunya disiarkan tiap hari Sabtu pagi. Pembawa acaranya, chef Billy Kalangi sekarang kelihatannya sedang naik daun. Tidak hanya acara ini saja yang dibintangi olehnya yang  sekarang sedang tayang. Ada acara kuliner lain yang menampilkan Billy Kalangi yang sekarang juga sedang tayang yaitu Panic Kitchen. Walaupun di acara ini dia tidak selalu tampil, tapi kadang diselingi oleh chef lain.

Bahkan di poll saya tentang chef pilihan anda, Billy Kalangi sekarang menduduki peringkat pertama. Padahal dulu peringkat pertama selalu diduduki oleh Junior Rorimpandey. Memang ada kesamaan antara keduanya yaitu sama-sama kelahiran Manado. Tapi disamping itu tentu saja ada juga perbedaan-perbedaan diantara keduanya. Pertama, wajahnya. Billy Kalangi berkumis dan berjenggot, sedang Junior Rorimpandey klimis walaupun dulu juga sempat berkumis dan berjenggot lebat. Kedua, Billy Kalangi cenderung simpatik, sedang Junior Rorimpandey cenderung arogan terutama waktu sedang menjadi juri di suatu kontest masak yang terkenal. Ketiga bahasa yang mereka gunakan,  Billy Kalangi kelihatannya tidak pernah  menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan Junior Rorimpandey sering menyelipkan kata-kata  bahasa Inggris dalam ucapannya.

Kata-kata khas Billy Kalangi adalah “wusa … wuih sadap” waktu ia selesai  mencicipi masakan yang enak atau selesai membuat hidangan dan “pém pém, pém pém … ” waktu ia sedang menambahkan suatu bumbu kedalam masakan.

Membaca di internet tentang Billy Kalangi, ternyata alasan mengapa ia akhirnya terjun ke dunia kuliner cuma sepele. Ia bosan makan dengan menu-menu yang sudah ada. Hingga akhirnya kuliah di pariwisata dan akhirnya jadi chef. Acara pertamanya di televisi adalah “Cooking 911”, kemudian berlanjut dengan “Gula-gula” menggantikan chef Bara Pattiradjawane.

Sebagai penutup saya  ingin bertanya,   “resep rahasia” kalau sudah ditayangkan ke public apakah masih menjadi “resep rahasia” ? Tapi memang itulah tujuannya yaitu mengeksplorasi  resep-resep kuliner nusantara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s