Master Chef Indonesia 2013 : 25 Mei Lius tidak lulus

Tantangan pertama pada episode ini merupakan offsite challenge dimana para kontestan harus memasak hidangan barbeque bagi Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. 3 terbaik di tantangan episode sebelumnya yaitu Melitta, Lius dan Nurul menjadi kapten dari ketiga regu yang dibentuk. Melitta sebagai pemenang di tantangan sebelumnya berhak memilih terlebih dulu jenis menu dan para anggotanya. Melitta memilih warna biru dengan menu American barbeque. Kemudian ia boleh memilih Lius atau Nurul yang terlebih dulu memilih menu. Melitta memilih Nurul. Nurul memilih warna kuning dengan menu Oriental barbeque. Sehingga Lius harus memilih warna terakhir yaitu merah dengan menu Indonesian barbeque.

Setelah selesai, para anggota jangkar pemadam kebakaran memberikan suara dengan jalan meletakkan topinya di tim yang bersangkutan. Ternyata yang menang adalah tim kuning. Tim kuning sebagai pemenang berhak tidak untuk di tantangan selanjutnya dan menentukan siapa harus memasak makanan mana pada tantangan berikutnya serta makan malam di Cook Shop. Tim biru dinilai gagal karena dagingnya masih mentah dan mesh potatonya terlalu hancur. Sedangkan tim merah sayur pecelnya tidak ada rasanya dan mendoannya kurang asin.

Tantangan kedua adalah one core ingredient dengan bahan utama cabai. Disediakan 4 macam cabai yaitu : Jalapeno dengan tingkat kepedasan ringan, dried chilli dengan tingkat kepedasan sedang, cabai kotokan  dengan tingkat kepedasan sangat pedas dan cabai hiyung dengan tingkat kepedasan lebih pedas lagi. Pressure pointnya hidangan tidak boleh terlalu pedas. Waktu yang disediakan adalah 60 menit.

Setelah selesai, tiap 2 kontestan dari jenis hidangan yang sama maju untuk dicicipi.

  • Angella : ayam woku jalapeno
  • Setyono : daun singkong gulung udang jalapeno
  • Patty : pasta seafood oriental dried chilli
  • Revaldi : dumping isi ayam dried chilli
  • Ray : tempura Indonesia cabai kotokan
  • Mimi : sup seafood asam pedas cabai kotokan
  • Melitta : spicy seafood risotto cabai hiyung
  • Lius : mie bumbu kuning pedas cabai hiyung

Pemenangnya adalah Angella berhak untuk makan malam bersama tim kuning di Cook Shop. Sedangkan Setyono, Ray, Patty dan Lius harus masuk ke pressure test.

Pressure test kali ini adalah membuat Crepe with mixed berries flambe and mascarpone dalam waktu 30 menit. Tantangannya adalah membuat duplikasi, sehingga rasa dan presentase harus sama. Setiap kontestan mendapat kesempatan 1 shot untuk membuat flambe didepan juri.

Setelah selesai, Ray dan Patty berhasil membuat flambe. Sedangkan Lius dan Setyono gagal membuat flambe dan harus tereliminasi.

Dengan demikian Lius yang sebelumnya menjadi inspirasi bagi dewan juri dan semua kontestan harus terhenti langkahnya. Semoga dengan tereliminasinya sumber inspirasi, kompetisi ini masih bisa menciptakan inspirasi-inspirasi baru lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s