Master Chef Indonesia 2013 : 26 Mei Melati gugur

Tantangan pertama episode ini adalah mystery box yang ternyata isinya kalau tidak kosong hanya piring kosong. Ternyata yang mendapat piring kosong adalah tim kuning yang memenangkan tantangan episode kemarin beserta Angella. Dan mereka harus menduplikasi signature dish dari chef Arnold yang mereka makan kemarin di The Cook Shop yaitu Pan Roasted Beef Tenderloin Caramelized Onion, Pan Seared Fois Gras Mashed Potatoes & Roasted Cherry Tomatoes  dalam waktu 60 menit.

Setelah selesai didapatkan 3 terbaik yaitu Gilang, Nino dan William. Hidangan Gilang kurang seasoning, tapi penampilannya bagus. Mashed potato Nino sedikit agak kasar, tapi semua flavor keluar. Sedangkan hidangan William mashed potatonya mendekati sempurna dan steaknya well season serta juicy. Dan pemenangnya adalah Nino. Nino mendapat keuntungan tidak mengikuti taste test dan boleh memilih 1 dari 3 hidangan yang harus ditebak ingredientnya oleh para kontestan. Dari ketiga hidangan yaitu Mediterranean Soup, Thai Coconut Soup dan Sup Kuah Kuning, Nino memilih Mediterranean Soup.

Setelah taste test selesai, ternyata Ray dan Tya hanya bisa menebak 3 ingredient yang benar. Sementara Melitta paling banyak menebak bahan dengan benar sebanyak 11 ingredient. Sedangkan Nino sebagai pemenang di tantangan sebelumnya berhak mendapat seluruh bahan Mediterranean Soup untuk dimasak dalam tantangan selanjutnya. Gula, lada, garam, air dan minyak sudah disediakan di pantry.  Sedangkan sebagai bahan tambahan juga disediakan tepung, 2 butir telur dan beras.

Tantangan selanjutnya adalah invention test dengan bahan terbatas yang berhasil ditebak masing-masing kontestan, kecuali Nino yang mendapatkan bahan lengkap Mediterranean Soup. Waktu yang disediakan adalah 60 menit. Kriteria penilaiannya cita rasa, konsep dan inovasi.

Setelah selesai, didapatkan 2 hidangan terbaik yaitu Nino dengan Seafood With Tomato Concasse dan William dengan Pan Seared Scallop With Two Ways Of Scramble Eggs Baked Egg Tomatoes And Crispy Fries. Dari 2 hidangan itu juri memilih Nino sebagai pemenangnya. Sementara Tya, Melati dan Lilian harus masuk ke pressure test.

Pressure test kali ini adalah membuat Pan Seared Bread And Raisin Stuffed Chicken on a Caramelized Onion Puree Wilted Brussel Sprout And Sauteed Potato dalam waktu 60 menit. Setelah selesai, Tya lebih dahulu selamat. Sementara Melati dan Lilian masakannya sama-sama ada kekurangannya. Hidangan Melati presentasenya bagus tapi cita rasanya kurang. Sedangkan hidangan Lilian cita rasanya sempurna, tapi presentasenya kurang serta ada 1 kesalahan yaitu membuang bagian ujung dari dada ayam. Tapi akhirnya Lilian selamat, karena cita rasa lebih diutamakan daripada presentase. Dengan demikian maka Melati pun gugur.

Semoga dengan gugurnya Melati, kompetisi ini masih tetap bisa wangi dengan masakan-masakan seperti wanginya bunga-bunga di taman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s