Sophisticated menu

Di acara kompetisi MCI ini sering kita baca nama menu yang panjangnya bukan alang kepalang sampai tulisan textnya di layar monitor lebih dari 2 baris. Kontestan bisa jadi tidak bisa hafal dengan nama masakannya. Mungkin juga juri chefnya bisa saja keliru menyebut nama menunya atau tidak persis waktu mengucapkannya seperti yang tertulis di layar monitor televisi. Walaupun pada intinya maksudnya sama. Apalagi kalau nama menunya dalam bahasa Inggris. Bisa jadi kendala bagi yang kurang paham dengan bahasa itu.

Atau mungkin kebalikannya, sebetulnya nama menu yang tertulis di layar monitor yang keliru. Seperti Pan Seared Bread And Raisin Stuffed Chicken on a Caramelized Onion Puree Wilted Brussel Sprout And Sauteed Potato. Nama menunya memakai Bread. Tapi waktu dilihat, hidangannya sama sekali tidak ada  bread. Yang ada dada ayam ( chicken breast ) dan sebagai sumber karbohidrat bukannya roti, tapi kentang. Nah, apakah bukannya tulisan textnya yang keliru ? Pan Seared Breast …. mungkin maksudnya, tapi tertulisnya jadi Pan Seared Bread.

Kalau melihat hal ini, lantas jadi ingat dengan gelar yang panjang yang ditulis dibelakang nama seseorang. Seperti SH MM  MM Mhum, belum lagi kalau didepannya masih  ada gelarnya seperti Drs. Bukannya mau mengritik atau menghina seseorang yang mempunyai gelar banyak. Apalagi kalau semua harus didapat dengan susah payah dan dengan belajar keras. Tapi pada kenyataannya gelar panjang semacam itu juga menjadi bahan buat lawakan.

Kembali ke soal kuliner, bagaimana menurut anda  menu berikut ini Fried Rice With Sauteed Garlic Red Chilli Soy Sauce Onion Spring Shrimp Paste Scrambled Egg Tomato And Slice Cucumber. Cukup keren kelihatannya. Tapi kalau diteliti lebih lanjut ternyata itu adalah terjemahan lengkap dari nasi goreng yang dimasak dengan bumbu bawang, cabai merah, kecap, terasi dan ditambah dengan daun bawang, tomat, irisan mentimun serta orak arik telur. Menu yang notabene tidak lain adalah menu yang sudah merakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s