Master Chef Indonesia 2013 : 9 Juni hotter than hell

Episode ini memang tidak ada bintang tamu group rock Amerika Kiss yang empunya album “Hotter than hell”, tapi kelihatannya cocok juga kalau diberi judul seperti ini. Karena memang susananya panas seperti di neraka dengan api yang menyala-nyala.

Tantangan pertama episode ini adalah memasak salah satu bahan berikut yaitu cingur sapi, otak sapi, lidah sapi atau pipi sapi. Nino sebagai pemenang ditantangan sebelumnya berhak memilih terlebih dahulu bahan mana yang akan ia masak. Hasilnya 3 kontestan dengan hidangan terbaik adalah Maichel, William dan Rissa. Sedangkan pemenangnya adalah William.

Sebagai pemenang, William berhak tidak ikut ditantangan berikutnya dan menentukan kontestan siapa akan memasak bahan yang mana. Pilihan bahannya adalah tempe, gluten dan tahu yang notabene semuanya adalah protein nabati sesuai dengan tema tantangannya yaitu vegetarian. Penilaian berdasarkan komposisi, tekstur, citarasa dan penampilan. Waktu yang disediakan adalah 60 menit.

Hasilnya Tya keluar sebagai pemenang umum dengan kreasi desert dari tahu, sedangkan Maichel keluar sebagai pemenang untuk hidangan dengan bahan gluten dan Angella keluar sebagai pemenang untuk hidangan dengan bahan tempe. Sementara Ratna, Revaldi dan Mimi harus masuk ke pressure test.

Pressure test kali ini adalah membuat hidangan 3 hidangan dari daging yaitu :

  1. Steak with mushroom sauce
  2. Steak with pepper sauce
  3. Steak with bluecheese sauce

Dalam waktu 60 menit. Tingkat kematangan steak berbeda-beda mulai dari medium rare, medium dan well done. Sebelum dimulai chef Degan terlebih dahulu mendemonstrasikan cara membuat steak, sedangkan chef Arnold mendemonstrasikan cara membuat ketiga sauce. Pada waktu membuat sauce inilah dikenalkan cara combustion yaitu memasak dengan minyak yang sangat panas. Cara ini yang kemudian salah dipraktekkan oleh Mimi dan Revaldi. Beruntung chef Arnold dengan sigap menanggulangi sehingga rambut Mimi tidak terbakar ataupun sampai membuat seluruh galery Master Chef ikut terbakar.

Hasil akhirnya, Ratna yang tidak salah dalam mempraktekkan teknik combustion justru tereliminasi karena tingkat kematangan steaknya salah.

Episode ini yang kelihatannya sudah panas akibat teknik combustion akhirnya masih ditambah dengan memanasnya suasana akibat Revaldi yang mengucapkan thank you kepada juri sambil jalan berlalu dan melambaikan tangan serta tidak memandang ke arah para juri dianggap tidak sopan oleh chef Arnold.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s