Master Chef Indonesia 2013 : 21 Juli studi banding

Studi banding ternyata bukan hanya monopoli para anggota dewan saja. Apalagi studi banding keluar negeri yang bisa mengundang pro dan kontra. Para kontestan MCI kali ini juga melakukannya, tapi dengan biaya yang sangat ekonomis. Karena hanya studi banding keluar negeri lewat wisata kuliner saja, tapi lengkap dengan pakar kuliner Indonesia yang telah berkeliling dunia yaitu Bondan Winarno.

Tantangan pertama para kontestan harus bermain melempar dart untuk menentukan akan memasak hidangan dari negara mana. Hasilnya :

  1. Rissa mendapat masakan negara Afganistan
  2. Melitta mendapat masakan negara Kanada
  3. Nino mendapat masakan negara Kanada
  4. Denty mendapat masakan negara Kazakhstan
  5. Lius mendapat masakan negara Iran
  6. William mendapat masakan negara Australia
  7. Brian mendapat masakan negara Kolombia
  8. Tya mendapat masakan negara Kongo

Mereka harus memasak dalam waktu 60 menit. Setelah selesai 4 kontestan diundang kedepan untuk dicicipi hidangannya :

  1. Tya dengan hidangan kuku paca dari negara Kongo
  2. Denty dengan hidangan mutton keepe dari negara Kazakhstan
  3. Melitta dengan hidangan calgary ginger beef recipe dari negara Kanada
  4. Nino dengan hidangan crispy roasted pistachio chicken dari negara Kanada

Dan yang keluar sebagai pemenang adalah Nino.

Tantangan kedua para kontestan terlebih dahulu ditanya tempat tujuan wisata mancanegara favorit masing-masing kontestan. Para kontestan menjawab dengan jujur pertanyaan itu, karena mereka tidak mengetahui kalau mereka akan disuruh memasak hidangan dari negara tujuan wisata mereka. Hasilnya mungkin akan lain kalau mereka diberi pertanyaan yang sama, tapi mereka sudah mengetahui kalau mereka akan disuruh memasak hidangan dari negara yang bersangkutan. Seperti Rissa yang menjawab akan ke Afrika kalau diberi kesempatan wisata keluar negeri. Tapi begitu tahu kalau ia disuruh memasak hidangan dari negara tersebut, ia pun jadi tidak siap dan kebingungan. Belum lagi ada sebagian orang yang suka pergi ke suatu negara, tapi tidak suka atau kurang cocok dengan masakan dari negara yang bersangkutan.

Bukan itu saja trik para juri kali ini, tapi para kontestan masih harus bertukar resep dengan kontestan lain. Alhasil, mereka sama saja tidak memasak resep dari negara tujuan wisata idaman mereka.

Ditantangan inilah pakar kuliner Bondan Winarno tampil sebagai bintang tamu dan ikut menilai hidangan para kontestan. Anehnya satu-satunya hidangan dari kontestan yang mendapat komentar maknyus malah tidak jadi pemenang. Tapi yang menjadi pemenang adalah Rissa.

Rissa sebagai pemenang ditantangan ini berhak untuk tidak ikut ditantangan berikut yang merupakan pressure test dan harus diikuti oleh ke 7 kontestan lain. Tapi Melitta yang mempunyai immunity pin memilih untuk menggunakan immunity pin tersebut, sehingga yang ikut pressure test hanya 6 yaitu William, Lius, Nino, Brian, Denty dan Tya.

Pressure test kali ini adalah memasak hidangan favorit dari bintang tamu seorang United Nation goodwill ambassador untuk Food & Agriculture Organization yaitu Anggun C Sasmi berupa hidangan yang terbuat dari otak kambing dalam 2 versi western dan Indonesia.

Hasilnya William keluar sebagai pemenang, sedangkan Tya yang mendapat nilai paling rendah harus tereliminasi.

One thought on “Master Chef Indonesia 2013 : 21 Juli studi banding

  1. Warisan panganan Malaysia ditarik dari masing-masing budaya yang ada di Malaysia serta dari negara-negara tetangga untuk menghasilkan apa yang banyak orang anggap sebagai masakan paling lezat di seluruh dunia. Secara internasional – yang dikenal sebagai masakan Cina Kanton dan masakan India Selatan secara signifikan menjadi sumber warisan kuliner malaysia, seperti halnya leluhur masakan Thailand. Buah-buahan tropis yang segar dan makanan laut Malaysia yang lezat ditampilkan bersama bumbu, dan cabai dan kari dari India dan Thailand membentuk dasar mempersiapkan makanan pedas. Santan ditemukan di banyak makanan Malaysia, memberikan kelezatan yang lembut untuk masakan kari dan hidangan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s