Resepsi

Adalah 2 saudara, keduanya sama-sama perempuan dan masih gadis. Umur mereka tidak berbeda jauh, hanya berselisih 3 tahun. Keduanya sama-sama cantiknya dan ukuran badan mereka juga sama. Suatu hari mereka mau pergi ke pesta pernikahan mewakili orang tua mereka. Karena kedua orang tua mereka berhalangan dan tidak bisa ikut pergi bersama mereka.

Kebetulan pakaian yang siap dipakai untuk pergi ke pesta hanya ada dua macam. Celakanya yang satu berupa kain kebaya, sedangkan yang lainnya adalah strapless mini dress. Tentu mereka berdua berebut untuk memilih memakai rok mini daripada memakai kain kebaya, karena selera mereka yang seperti pada umumnya seorang gadis modern.

Si adik merasa di atas angin, karena lebih muda. Maka ia usul begini pada kakaknya, “Kak, kamu saja yang pakai kain kebaya. Kakak kan lebih tua, jadi lebih pantas”. Si kakak diam tidak bisa menjawab. Tapi sebentar kemudian si kakak mendapat dalih dan bisa menjawab, “Dik, kamu yang lebih muda harus mengalah sama yang lebih tua. Kamu saja yang pakai kain kebaya. Tidak apa-apa, kok”. Dia masih mengimbuhi begini, “Kamu pantas kok  pakai kain kebaya. Nanti kakak sama mama  bantu kamu memakaikan kainnya sama menyanggul rambutmu. Kalau kamu takut jatuh, jalannya pelan-pelan saja, nanti kakak pegangi “. Tapi tetap saja keduanya tidak ada yang mengalah.

Setelah berselisih lama. Usul punya usul,  mereka pingsut. Yang kalah harus memakai kain kebaya. Hasilnya si adik kalah, maka ia pun harus memakai kain kebaya. Kebetulan si ibu datang, maka ia pun membantu anaknya yang kecil memakai sanggul serta kain kebaya. Si adik walau cemberut dan tidak terima, tapi hanya bisa pasrah dan cemberut.

Tak lama kemudian kedua anak itu sudah selesai berdandan dan siap pergi ke pesta. Tapi si adik yang sudah bersanggul dan berkain kebaya mulai rewel dan ngambek, karena sudah merasakan bagaimana rasanya bersanggul serta berkain kebaya. Sekali lagi ia mengeluh, “Mam, biar kakak saja yang berkain kebaya. Kakak kan sudah tua, jadi lebih pantas pakai kain kebaya”.

Ceritanya cukup sampai disini. Sekarang seandainya anda berada di posisi  salah satu dari 2 bersaudara itu. Pakaian manakah yang akan anda pilih ? Kain kebaya yang dulu pernah menjadi pakaian pesta nasional dan sekarang masih menjadi busana nasional serta merupakan sebuah pakaian yang menunjukkan kesopanan dan keanggunan bangsa Indonesia sebagai bangsa Timur. Atau strapless mini dress yang merupakan pakaian pesta modern dan praktis serta menunjukkan era globalisasi ?

Seandainya anda berada pada posisi si adik apakah anda akan mengalah kepada si kakak dan memakai kain kebaya meskipun anda sendiri tidak menyukainya ? Atau anda akan memakai strapless mini dress dengan berdalih bahwa anda lebih muda dan yang lebih tua lah yang pantas memakai kain kebaya ?

Seandainya anda berada pada posisi si kakak apakah anda akan menerima dalih si adik dan memakai kain kebaya meskipun anda sendiri tidak menyukainya ? Atau anda akan memakai strapless mini dress dengan berdalih bahwa yang muda harus mengalah pada yang lebih tua ?

kondangan

2 thoughts on “Resepsi

  1. Pingback: salah kostum | priajelita

  2. Pingback: Jadi korban apa jadi bintang ? | priajelita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s