Kebaya modern

SM Cetak – Semarang Metro

25 April 2014

Lomba Kharisma Putri Kartini

Ajang Keluwesan Putri Jawa

 

SEMARANG – Peringatan Hari Kartini masih terus berlangsung di berbagai tempat. Seperti Sanggar Modelling Teddy Modelling akan mengadakan Pemilihan Kharisma Putri Kartini Ke 25 Tingkat Jawa Tengah Tahun 2014. Acara akan berlangsung pada Minggu (25/5) pukul 16.00 di Pakubuwono Ball Room, Pandanaran Hotel, Semarang. Menurut Teddy peserta diwajibkan mengenakan busana Kartini yang sudah dimodifikasi dengan renda-renda emas dan payet, serta manik-manik.

Selain itu, juga dilengkapi dengan kain batik wiron tanpa jahitan serta aksesori subang, bros, penetep dan sisir jungkat. ”Dengan busana Kartini yang sudah dikreasi akan lebih menarik dan disenangi generasi muda,” katanya. Peserta dibagi dalam kelompok remaja putri (15-25), ibu-ibu sudah menikah, pra remaja putri (10-14) dan anak-anak (3-9). Untuk pendaftaran dapat menghubungi Sekretariat Panitia di Jalan Cinde Raya Dalam No 8 Semarang.(F1- 91)

Pemilihan Kharisma Putri Kartini tahun ini rupanya diwarnai dengan unsur-unsur modern yakni kebaya Kartini yang sudah dikreasi atau dengan kata lain kebaya modern. Tapi sebagai padanannya bawahannya yaitu kain batik wiron diisyaratkan harus tanpa jahitan. Dengan kata lain masih berupa kain batik lembaran.

Strategi yang diterapkan oleh penyelenggara dalam hal ini patut diacungi jempol. Karena kebaya Kartini yang sudah dikreasi tentu akan lebih menarik dan disenangi generasi muda. Sementara kain wiron yang mereka pakai harus masih berupa lembaran. Sehingga dengan demikian mereka juga bisa belajar memakai kain wiron tradisional.

Strategi ini memang cukup tepat, karena belajar memang harus dimulai dari bawah dan kebetulan bawahan yang dipakai harus kain wiron asli tanpa jahitan.

Di lain pihak, kebaya modern sendiri sangat tidak jelas batasan dan definisinya. Mungkin karena sedemikian tidak jelasnya itulah hingga seorang artis Indonesia pernah mengatakan kalau ia memakai kebaya dalam suatu video padahal yang ia pakai jelas-jelas adalah kemben

Atau mungkin istilah kebaya modern itu hanya merupakan sebuah  sebutan untuk suatu atasan apapun itu bentuknya yang dipakai bersamaan dengan bawahan yang berupa kain batik baik yang sudah dijahit maupun yang masih lembaran atau bahkan dengan bawahan berupa gaun bukan batik  ?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s