Seruling sakti

Beberapa tahun yang lalu di sebuah stasiun televisi swasta di Indonesia pernah disiarkan sebuah acara yang sangat populer dimana salah seorang lakonnya sangat terkenal dengan “suling sakti”nya. Tentu saja acara ini sangat banyak pemirsanya. Padahal sang lakon tersebut tidak benar-benar bermain seruling, tapi cuma bergaya seperti orang yang sedang main seruling alias main seruling bo’ong-bo’ongan sambil berjoget. Sedangkan suara seruling ( kalau ada ) tentu saja berasal dari pemain seruling yang tidak kelihatan di layar televisi.  Dan acara ini berakhir dengan cukup menyedihkan bagi para pemirsanya dengan dihentikan oleh KPI. Sang lakon sesudah itu juga tidak pernah terdengar lagi kabarnya.

Tapi acara tersebut bukannya  dihentikan gara-gara sang lakon yang bermain seruling pura-pura,  melainkan karena sebab lain. Padahal acara tersebut cukup merakyat dan musiknya pun juga musik rakyat yaitu dangdut yang identik dengan seruling. Berbeda dengan para pemain seruling sungguhan seperti yang dibawah ini , karena mereka memang betul-betul pemain seruling yang jempolan. Jadi bukan asal bergaya saja.

Dimulai dari jaman musik klasik, seruling sudah merupakan salah satu primadona instrumen musik klasik. Salah satu pemain seruling klasik adalah Jean Pierre Rampal.

Tidak hanya pada era musik klasik saja seruling menjadi salah satu primadona. Tapi juga pada era musik jazz, banyak dikenal pemain seruling yang handal seperti Bud Shank, Hubert Laws, Herbie Mann, Dave Valentin, Alexander Zonjic, Jorge Dalto dan lain-lain.

Dua video dibawah memperlihatkan kepiawaian Dave Valentin dan Alexander Zonjic yang keduanya merupakan pemain flute jazz. Tapi kebetulan keduanya juga kadang memainkan musik klasik.

Bahkan ketika memasuki era yang lebih modern lagi yaitu rock, ada juga pemain seruling yang handal dan terkenal yaitu Ian Anderson. Ia juga merupakan vokalis dari group band Jethro Tull yang beraliran folk rock yang dicampur dengan progressive dan hard rock. Tapi kebetulan juga ia kadang-kadang memainkan lagu klasik.

 

Bagaimana dengan di Indonesia ? Bagaimana dengan peta musik di tanah air kita ? Di Indonesia banyak sekali pemain seruling dan sudah barang tentu mereka tidak kalah handal  bila dibandingkan dengan para pemain seruling dari luar negeri.  Cuma sayang nama mereka kurang terkenal bila dibandingkan dengan para penyanyi maupun para instrumentalis alat musik lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s