Kuliner di mana-mana

Seperti sudah kita ketahui bersama kalau acara kuliner sekarang masih marak-maraknya di televisi. Sedemikian maraknya hingga sebuah stasiun televisi bisa mempunyai lebih dari 1 acara kuliner tiap minggunya.

Salah satu acara kuliner yang dulu menjadi primadona acara kuliner di televisi adalah “Master Chef Indonesia” yang sekarang sudah selesai. Dulu sewaktu masih berlangsung, acara ini sempat disaingi dengan kontes semacam tapi sifatnya ringan dan lucu yaitu “Like A Chef” yang sekarang juga sudah habis tayangannya. Dan sekarang ada lagi kontes masak “Panic Kitchen” yang pesertanya sebagian selebriti serta “No Kitchen Required”  dengan kontestan chef yang tetap.

Tidak itu saja, bahkan untuk acara-acara yang sifatnya umum dan tidak bersifat spesifik kuliner juga disisipi dengan segmen yang membahas kuliner. Sampai sampai suatu stasiun televisi dari pagi sampai menjelang sore bisa menyiarkan acara kuliner beberapa kali, walaupun diselingi oleh acara-acara lain yang tidak bersifat kuliner. Stasiun yang dimaksud adalah Trans7.  Acara-acara itu antara lain :

Ragam Indonesia, sebuah acara mengenai kekayaan budaya dan sumber daya di Indonesia yang disiarkan di Trans7 setiap jam 6.00 pagi dari hari Senin sampai hari Jumat dengan durasi 30 menit. Tema besarnya membahas mengenai macam-macam dari sesuatu. Dimana sesuatu itu diganti dengan yang akan dibahas. Seperti misalnya macam-macam  olahan kedelai, macam-macam kerupuk, macam-macam olahan tahu dan lain-lain. Hampir di setiap episodenya selalu ada pembahasan mengenai kuliner.

Warna adalah suatu acara variety yang lebih ditujukan untuk kaum hawa. Disiarkan di Trans7 tiap jam 10.45 dari hari Senin sampai hari Jumar. Isinya bervariasi. Tapi ada beberapa episode yang hanya melulu membahas masalah  kuliner. Biasanya ulasannya bersifat membandingkan antara bahan yang satu dengan yang lain yang sejenis tapi beda kualitas. Kemudian bahan itu diperiksa di laboratorium untuk mengetahui adanya zat berbahaya yang ada di bahan dengan kualitas lebih rendah.  Belum lagi  di akhir acara ada suatu segmen yang bernama “Dapur warna” yang menampilkan seorang chef memasak suatu hidangan. Chef yang tampil pun sekarang berganti-ganti. Antara lain chef Vero, Winny, Aiko, Ari Galih dan Odie Djamil. Dulu karena chefnya  cewek , segmen ini bernama “Dapur cantik”.  Tapi sekarang berubah menjadi “Dapur warna”, karena ada chef cowok yang ikutan tampil.

Redaksi siang adalah acara pemberitaan yang disiarkan di Trans7 tiap jam 11.30 setiap hari.  Istimewanya untuk “Redaksi siang akhir pekan” yang disiarkan tiap hari Sabtu dan Minggu selalu ada segmen di mana sang host mencicipi makanan khas suatu restoran atau makanan khas suatu daerah dan ikut beraksi memasak di dapur dengan dibantu chef atau koki setempat.

Brownies adalah sebuah acara variety untuk anak muda yang disiarkan di Trans7 setiap jam 14.15 dari hari Senin sampai Jumat  dengan durasi 30 menit. Isinya sebetulnya bisa dibilang bervariasi sesuai dengan jenis acaranya. Tapi pernah di beberapa episode hanya mengupas tentang kuliner saja. Atau kadang-kadang temanya pergi ke suatu tempat baik di dalam negeri maupun di luar negeri kemudian mengupas tentang segala sesuatu yang menarik dari tempat itu termasuk kulinernya.

Tau gak sih adalah suatu acara untuk menguji pengetahuan umum kita mengenai sesuatu. Disiarkan di Trans7 tiap jam 14.45 dari hari Senin sampai Jumat. Tapi sama seperti acara-acara lain yang bersifat umum dan tidak berbau kuliner, acara inipun sering juga disisipi  materi kuliner dengan cara menguji pengetahuan umum pemirsa mengenai kuliner. Bahkan pernah suatu episode hanya membahas soal kuliner.

Yang disebut diatas adalah acara-acara yang tidak melulu membahas kuliner dan hanya menyisipkan materi tentang kuliner sebagai segmen acara. Sedang acara kuliner bukan sebagai sebuah sisipan atau segmen juga tersedia yaitu :

“Makan besar” yang ditayangkan tiap jam 08.15 dari hari Senin sampai Jumat di Trans7. Hostnya adalah chef Ragil, temanya adalah membuat suatu hidangan dalam bentuk yang ekstra besar atau ekstra banyak.

“Fish & chef” yang ditayangkan tiap jam 15.15 dari hari Senin sampai Rabu di Trans7. Hostnya chef Winny, Dina dan Rahma. Temanya adalah mengenai makanan laut atau seafood seperti udang, ikan dan yang sejenisnya. Sedangkan hari Kamis dan Jumat pada jam 15.15 akan disiarkan “Cooking in paradise” dengan host chef Marinka.

Tentu keadaan ini akan sangat memanjakan para pecinta kuliner. Cuma kemudian bisa timbul  pertanyaan  sampai kapan acara kuliner semacam ini booming di Indonesia ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s